Jumat, 03 Mei 2013

Pengalaman Pertama Bikin Aplikasi Windows 8 app


Sungguh tidak terbayang sebelumnya bahwa saya bisa sampai pada saat ini, dan bisa berbagi pengalaman mengenai pengembangan aplikasi berbasis windows 8 app. Awal ceritanya bermula ketika pada waktu itu saya ikutan windows 8 app roadshow yang diadakan di kampus saya yaitu Universitas Pendidikan Indonesia. Waktu dengar pertama kalinya akan diadakan acara roadshow di UPI saya sangat antusias sekali dan ingin ikut acara tersebut. Setelah saya daftar dan kemudian menjadi peserta roadshow tersebut saya memperoleh pengalaman ilmu yang sangat luar biasa dan tak akan pernah saya lupakan,dan karena hal itu saya bisa sampai pada saat ini. Aplikasi yang pertama saya buat adalah hanya memakai template orang, yaitu kita dowanload tempaltenya kemudian kita edit. Untuk orang awaw seperti saya ini walaupun memakai template tetap aja pusing dan ga ngerti. Tetapi lambat laun berkat bimbingan dari kakak senior dari MSP dan dai pelatihnya dari Microsoft Indonesia lambat-laun saya mulai mengerti apa itu windows 8 app dan bagaimana membuatnya.
yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi windows 8 adalah software developer kit yaitu microsoft visual studio express 2012 dan  Windows App Cert kit untuk mengetes aplikasinya yang nanti asilnya passed atau failed.
Langkah pertam kita harus cari templatenya bagi yang pemula atau yang uda jago bisa bikin sendiri templatenya. Saya disini menggunakan tempalte bawaan dari Visual Studionya langsung jadi tinggal kita edit saja.Waktu itu karena saya masih amatir dan baru mengetahui visual studioa jadi saya masih sedikit bingung, tapi lambat laun saya mulai paham dan mencobat membuat aplikasi pertama saya. Saya berterima kasih kepada yang telah mengadakan roadshow di UPI saya senang sekali karena udah membuka mata saya untuk menjadi seorang developer dan itu memang sudah menjadi cita-cita saya sejak saya masuk SMP. Sekian dlu ya postingan dari saya nanti saya sambung lagi mengenai apliksi yang saya buat dan alhamdulilah sudah publish. :)
Indahnya berbagi :)

0 comments:

Posting Komentar